Artificial Intelligence Dalam Permainan Poker. Apa Artinya Bagi Manusia?

Meskipun AI berhasil mengalahkan manusia di game lain seperti catur and Go (game yang mengikuti aturan yang telah ditentukan sebelumnya dan tidak asal bermain), menang di poker terbukti lebih menantang karena membutuhkan strategi, intuisi, dan penalaran berdasarkan informasi yang tersembunyi. Terlepas dari tantangan tersebut, kecerdasan buatan sekarang dapat bermain dan menang dalam poker.

Sistem AI yang telah dibuat terlebih dahulu yaitu DeepStack dan Libratus membuka jalan bagi Pluribus, AI yang telah berhasil mempecundangi lima player manusia dalam enam ronde permainan Texas Hold’em, versi poker paling populer. Prestasi ini telah melampaui manusia dalam game. Pencapaian ini berarti bahwa kecerdasan buatan kini dapat berkembang untuk membantu menyelesaikan beberapa masalah paling menantang di dunia.

Thomas Sandholm, seorang profesor CMU yang membantu menciptakan Pluribus, menyatakan dalam siaran pers: Keahlian buat mengalahkan 5 pemain lain dalam game yang sedemikian rumit membuka kesempatan baru untuk memakai AI buat mengatasi berbagai permasalahan dalam dunia nyata.”

Ada Tiga Kecerdasan AI Yang Telah Diuji Dalam Permainan Poker

Artificial Intelligence Dalam Permainan Poker. Apa Artinya Bagi Manusia?

Saat ini AI dapat mengalahkan banyak manusia dalam permainan yang sangat rumit, itu adalah pintu gerbang untuk menyelesaikan beberapa masalah paling menjengkelkan di dunia seperti negosiasi, pengembangan obat, keamanan dan keamanan siber, mobil yang dapat mengemudi sendiri, dan mendeteksi penipuan dengan lebih baik.

Dan para ilmuan telah membuatnya juga untuk permainan poker. Penasaran? Ini adalah Beberapa AI yang telah dibuat untuk bermain poker adalah sebagai berikut:

DeepStack: Robot Dengan Pendekatan Scalable Untuk Menang Dalam Permainan  Poker

Tim DeepStack, dari University of Alberta di Edmonton, Kanada, menggabungkan pembelajaran mesin yang mendalam dan algoritma untuk menciptakan AI yang mampu menang dalam permainan Contohnya Texas Hold’em, permainan yang lebih kompleks untuk dikuasai AI daripada yang lain karena sifatnya yang sangat acak, kartukartunya tersembunyi, dan faktor strategi gertakan pemain. Jaringan saraf DeepStack dilatih dengan memecahkan lebih dari 10 juta situasi permainan poker. AI mengandalkan jaringan sarafnya untuk menentukan langkah terbaik. DeepStack telah memainkan sepuluh ronde permainan Texas Holdem melawan pemain poker profesional dari Federasi Poker Internasional. Dan hasilnya DeepStack sepuluh kali menang dari pemain poker profesional tersebut dengan margin yang cukup besar.

Libratus: Master TwoPlayer Dalam Permainan Texas HoldEm Poker

Libratus adalah AI, yang dibuat oleh Noam Brown dan Tuomas Sandholm dari Universitas Carnegie Mellon pada tahun 2017, telah berhasil tidak terkalahkan dalam permainan poker dua orang. Sistem ini membutuhkan 100 unit pemrosesan pusat (CPU) untuk dijalankan. Libratus telah bermain 120.000 ronde dalam kompetisi poker 20 hari nonstop melawan empat pemain Texas Holdem peringkat teratas. Kecerdasan AI tersebut menang dengan jumlah yang mengejutkan dan pergi dengan $ 1,8 juta dalam bentuk chip.

Pluribus: Bot Dalam Bermain Poker Seperti Manusia Super

Sebuah pencapaian yang sangat signifikan dicapai oleh Pluribus, sebuah robot yang mampu mengalahkan beberapa pemain poker terbaik di dunia dalam permainan melawan enam pemain Texas Holdem. Para ilmuwan di Universitas Carnegie Mellon bersama dengan AI Facebook berkolaborasi dalam proyek tersebut. Yang pertama di mana AI berkompetisi dalam sebuah permainan melawan lebih dari satu orang dan AI diuji dengan tidak bisa hanya mengandalkan strategi permainan untuk menang.

Hasil Pluribus sangat mengesankan. AI itu telah memainkan 10.000 ronde permainan poker melawan lima pemain lainnya dari komunitas penerima jutaan dolar di poker. Ratarata, Pluribus memenangkan $ 480 dari pesaing manusianya setara dengan apa yang ingin dicapai oleh pemain poker profesional.

Leave a Reply